LinkWithin

Monday, July 25, 2011

Mengenang mushola dimasa kecilku..

Ahad kemarin di Istiqlal, saat tengah menunggu waktu sholat setelah adzan dzuhur... Tiba2 saya dikejutkan dengan suara teriakan seseorang. Suara khas seorang nenek2, meminta saya bergeser ke depan untuk mengisi shaf yg masih kosong. Well, ga da masalah. Tanpa disuruh pun sebetulnya kan saya pasti bergeser ke arah shaf yang kosong. Hanya saja saya baru selesai melaksanakan sunnah rawatib. Suaranya itu loh... Melengking, kencang, tajam menghardik... Ih, apaan sih nih nenek-nenek?.. Biasa aja kali haha.. Untungnya sih ga keluar tuh kata biasa kalinya hehe.. Sudah lama sekali rasanya ga merasakan diteriakin nenek-nenek. Terakhir mungkin usia-usia SD saat saya masih mengaji di mushola dekat rumah saya dulu. Dulu rasanya sebel sekali sama nenek-nenek yang biasa sholat di mushola. Pandanganku dulu, ni nenek ga ada baik-baiknya.. Menyeramkan sadis wkwk.. Mungkin karna waktu itu saya dan teman-teman sering ribut. Yah namanya juga anak-anak.. Belum lagi guru ngaji saya dulu galak sekali. Yang ada anak-anak sudah kabur duluan sebelum ngaji. Tapi syukurlah saya termasuk yang bertahan dengan galaknya beliau. Semoga rahmat Allah atasmu, KH. Oyo Badruddin.. karenamulah saya bisa membaca Al Quran dengan baik (pede! yah kan disempurnakan dengan tahsin setelah dewasa)...
Itulah pandangan saya tentang mushola dulu. Orang-orangnya galak hehe... Mungkin karena anak-anak sering ribut. Tapi saya tidak setuju kalau mereka mesti dihardik sedemikian rupa. Saya takut mereka trauma, tidak suka dengan mushola/masjid.. Sebisa mungkin juga para orang tua memeberikan pemahaman agar tidak ribut di mushola. Supaya juga tidak mengganggu kenyamanan beribadah yang lain...

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...