LinkWithin

Thursday, February 21, 2013

Brownies Kukus vs Brownies Panggang

Brownies.. Salah satu jenis cake yang lumayan sering saya baking.. Resepnya sangat mudah. Bahan yang digunakan tidak sulit ditemukan, pun cara membuatnya. Beberapa teman pernah menanyakan resep cake tanpa mixer. Nah, brownies salah satunya.. Karena memang awalnya brownies adalah cake gagal jadi ga usah khawatir kue gagal.. Kalaupun menggunakan mixer tidak perlu terlalu lama seperti membuat sponge cake. Brownies bisa dibuat dengan mengukus maupun memanggang. Hasilnya sama-sama enak, hanya saja berbeda di tekstur.. Brownies kukus lebih lembut dan lembab, sementara brownies panggang lebih kering dan ada sensasi crunchynya..
Untuk brownies kukus saya biasanya memakai resep NCC, 
Brownies Kukus
Bahan A:
• 12 btr telur
• 450 gr gula pasir
• 210 gr Emulsifier (skip gapapa koq)
 • ½ sdt garam
Bahan B:
• 70 gr coklat bubuk
• 300 gr tepung terigu protein sedang
• 1 sdt vanilli
Bahan C:
• 300 gr mentega/margarine/minyak goreng
• 200 gr dark cooking chocolate
 • 1 sdm pasta coklat black forest
Bahan filling :
• 100 gr coklat meises/dcc dichop
Cara membuat:
1. Siapkan loyang hangatkan kukusan dengn api sedang..alasi tutup kukusan dengan kain
2. Kocok bahan A sampai kental, masukkan bahan B sambil diayak, lalu tuang bahan C, aduk hingga rata benar. Bagi adonan sama rata menjadi 3 bagian
3. Tuang satu bagian adonan ke dalam loyang, kukus selama lk. 10 menit.(pastikan matang dengan tes tusuk)
4. Buka kukusan, taburi setengah bagian cokelat, tuang lagi satu bagian adonan, kukus lagi 15 menit ulangi sampai adonan habis lalu kukus hingga matang


Itu resep dasarnya ya.. Bisa juga divariasikan dengan bahan lainnya seperti cream cheese, blueberry jam dll.. Contohnya Brownies Kukus Lapis Cream Cheeseku di Sini

Sementara untuk brownies panggang biasanya memakai resep Pennylane Brownies punya Mba Riana yang juga aktivis NCC hehe..
Bahan:
4 butir telur
360 gram gula pasir
225 gram minyak goreng
60 gram cocoa powder
210 gram tepung terigu
½ sdt garam
1 sdt vanili bubuk
120 gram kenari/kacang tanah/mede cincang dan sangrai
85 gram Chocolate Chips
Cara Membuat:
Panaskan oven suhu 180C, alasi loyang dengan kertas roti dan olesi dengan margarin atau minyak goreng. Kocok telur dan gula sampai mengembang dan kental. Masukkan vanili dan garam. Masukkan tepung dan cocoa powder sambil diayak dan diaduk perlahan dengan spatula. Setelah adukan rata, masukkan minyak sambil diaduk perlahan. Lalu masukkan kacang dan chocolate chips. Untuk permukaan brownies dapat ditaburi almond slice atau kacang lain sesuai selera.
Setelah semua adonan tercampur rata, tuangkan di loyang yang tingginya 4 cm. Tinggi loyang jangan lebih dari 4 cm supaya brownies matang sempurna. Resep ini muat di dua loyang 30 cm x 10 cm. Panggang selama 35 menit. Angkat dan dinginkan sebelum dipotong-potong.

Masih diloyang..
Pastikan oven panas ya sebelum adonan dipanggang, untuk memastikan lapisan cantik yang mengkilap diatas kuenya ini.. Dari atas kelihatannya kue ini kering yah, tapi begitu digigit lembab2 cokelat yang leleh didalam kuenya..hmmm..yummy..

Setelah dipotong-potong..
Beberapa teman yang pernah mencoba browniesku bilang malah brownies buatanku lebih enak dari merk terkenal hehe.. Narsis mode on.. Yang pasti sih konsumen setiaku si ganteng selalu lahap menyantap brownies buatan bundanya ini..Senengnya kalau hasil kreasi disukai orang rumah.. Jadi semangat terus berkreasi di dapur..

5 comments:

  1. gak punya oven teh..
    pake happy call bisa?
    #atau kiriman aja ya teeeeeeh?
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa koq yu? yang kukus cuman pake kukusan.. kl panggang pake happy call bisa koq harusnya.. kan prinsipnya kayak baking pan gitu ya? kirim ya?? waa..sampe sana udah jadi apa tuh ya..

      Delete
  2. Bagi dunk browniesnya...

    Ternyata mbak Sinta pinter masak.. Manteb deehhh ^^

    ReplyDelete
  3. Huaa.. Ada tika ternyata.. belum pinter banget sih tika, masih banyak belajar..

    ReplyDelete
  4. Mba itu chocochip bakal masuk di dalam brownis ya?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...