LinkWithin

Wednesday, April 18, 2012

Latihan Spuit Dasar untuk Cake Decorating..

Ini ceritanya lagi latihan pake spuit dasar. Nah foto diatas ituh latihan bikin swirl di atas cupcake.. Jadi sebenernya itu cup isinya gulungan tisu yang diremas2 nutupin volume cupnya. Lumayan lah kayak ice cream kan..
Aku sendiri hanya punya 5 spuit dasar dr Wilton. Sebenernya 6 tapi no. 22 tiba2 hilang setelah dicuci. Yah mungkin karena kecil barangnya, jangan-jangan kebuang.. Apaan sih spuit? Itu loh selongsong2 kecil yang digunakan dalam plastik segitiga untuk membuat hiasan/dekorasi diatas cake. Sebetulnya ada loh kursus dekorasi cake baik menggunakan butter cream maupun fondant. Tapi harganya itu loh ga nahan jutaan rupiah. Programnya macam2 ada yang cuma sehari sampe juga ada yg tiga hari.. Ini nih penampakannya spuitku.. Kalo untuk cupcakes pake yang paling gede di tengah, biasa disebut spuit 1M..

Untuk latihan kemaren itu (minggu lalu), aku sengaja beli butter cream biasa di pasar yang harganya murah banget, karena memang bukan untuk dimakan.. 1/4 kg harganya 7000 IDR saja. Terus aku kasih pewarna makanan warna rose kira2 dua tetes jadinya baby pink gitu. Lucu..

Terus coba2 latihan dengan spuit kerang no berapa ya lupa 199 gitu yah? bisa dipakai untuk kerang horizontal maupun vertikal.. Pertama2 siapkan dulu plastik segitiga (piping bag), isi dengan butter cream ikat. Terus masukkan ke dalam plastik segi tiga baru yang sudah dipotong ujungnya kemudian dimasukkan spuitnya.. Terus digunakan deh.. Ini hasilnya..

 Masih belum rapi ya?? hehe.. namanya juga latihan.. Ini yang vertikal kerangnya..

Contoh-contoh bentuk hasil spuitnya aku lihat dari bukunya NCC decorating cake with butter cream.. Screenshoot bukunya menyusul yah, belum aku foto soalnya.. Setelah itu coba bikin swirl cupcakes..Hasilnya seperti foto paling atas dan juga yang ini..
Nah, sekian laporan latihan kali ini.. Masih tetap semangat untuk latihan lagi yang berikutnya. Juga mau latihan decorating dengan fondant.. Soalnya si ganteng lagi mupeng sama kue ultah temennya yang berbentuk angry birds.. Smoga bisa mewujudkannya..
 Update:
Ini buku NCC tentang Decorating Cakenya ya..


8 comments:

  1. wah bagus dekorasi kuenya XD pengen bisa.

    ReplyDelete
  2. Wah kaget banget.. Thanks kunjungannya ya.. Padahal selama ini sering lihat2 blogmu yg cantik itu :)

    ReplyDelete
  3. harga bukunya berapa mbak? catet ah judulnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli dmn mb bukunya? Unt kerang horizontal & vertikal dgn spuit yg sm/beda mb? Trims be4

      Delete
    2. Aq belinya online tp lupa dmn.. bukukita apa langsung dr ncc-nya.. itu spuitnya sama ngarahinnnya yg beda..

      Delete
  4. Untuk kerang pakai spuit yg mana mba?ga dijelaskan..soalnya sama2 lg belajar nih..hihi
    Klo bisa dr berbagai spuit yg mba punya,diksh liat contoh hiasannya

    ReplyDelete
  5. Untuk bentuk kerang pakai spuit yg mana mba?minta contoh bentuk2 hiasannya donk dr spuit yg mba punya..hihi lg bljr jg nih

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...