LinkWithin

Tuesday, March 20, 2012

Untuk Indonesia yang Kuat (Review Buku Ligwina Hananto)


Sudah sejak lama ingin membaca buku ini. Selain karena penulisnya yang memang salah satu perencana keuangan favorit saya, tapi juga judulnya yang sebetulnya cenderung jauh dari dunia perencana keuangan kan? Kesannya seperti buku-buku tentang kebangsaan. Akhirnya kesampaian juga beli buku ini, online lewat toko buku online langganan saya. Secara fisik agak kecewa yah, jenis kertasnya koq kertas buram gitu.. Jadi awal-awal baca saja sudah ada lembar yang mau copot.. Apa jangan-jangan buku yang saya beli buku bajakan?? curiga mode on. Tapi ya sudahlah yang penting kan isinya.
Intinya buku ini bercerita tentang bagaimana misi bersama yang diusung sang penulis untuk mempromosikan Stronger Middle Class Indonesians. Sangat menggugah, tanpa perlu merasa diceramahi orator politik tentang kebangsaan. Sederhana, tapi saya yakin semua langkah yang ada dalam buku ini begitu mudah untuk dilaksanakan oleh semua orang kelas menengah di Indonesia. Karena untuk menjadi Indonesia yang kuat secara ekonomi, dibutuhkan kelas menengah yang kuat juga. Tanpa harus menyengsarakan diri sendiri, tetapi juga tidak abai terhadap kelompok bawah.. Bagaimana kelompok menengah seharusnya menjadi trigger perekonomian dengan berani berinvestasi baik di pasar modal dalam negeri maupun terjun langsung di sektor real.
Yang menarik, ditengah2 ada juga bahasan tentang liburan. Khususnya menyarankan kita agar liburan didalam negeri saja, sebetulnya masih banyak tempat yang belum dijelajahi daripada membelanjakan uang kita di negeri orang.. Lebih membangun pariwisata kita jg. Siapa yang menikmati? Tentu kita juga karena perekonomian kita akan tumbuh dari sektor pariwisatanya.. Padahal selama ini ga pernah kepikiran untuk memasukkan liburan sebagai salah satu tujuan rencana keuangan.. Mungkin karena sudah banyak alokasi yang lain ya hehe..
Inti buku ini ada pada 100 langkah untuk tidak miskin yang juga ada dibuat dalam satu kertas tebal yang juga bisa menjadi pembatas bukunya.. Banyak yah langkahnya jadi ga mungkin saya tulis semua disini kan? So, lebih baik sih beli atau pinjem saja bukunya.. baca sendiri jadi lebih bisa meresapi, halah! Intinya yang pertama kali adalah tujuan lo apa?? Iyah bener coz banyak pekerja yang penghasilan 30 juta per bulan tapi ternyata ga punya apa-apa.. Rumah pun masih numpang, padahal banyak koq yang penghasilannya 2 jutaan tapi bisa nyicil rumah.. Tujuan akan mendirect bagaimana gaya hidup kita.. juga mempersiapkan bagaimana kelak hari tua kita.. agar kita tidak menyesal dikemudian hari..
Summary:

Financial Independen means:
1. Pay your own bills
2. Pay your own debt
3. Buy your first property
While, Financial Freedom are:
1. Passive Income > Monthly Expenses
2. Achieving Financial Goals
3. Assets Ownership (Business, Property, Paper)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...