LinkWithin

Thursday, August 2, 2012

My New Hobby: Crocheting...

Yap, I have a new hobby now.. Crocheting! Mungkin banyak yang keliru menyebutnya dengan kata merajut.. Karena bahasa indonesianya crocheting itu ternyata merenda bukan merajut.. Loh terus merajut yang kayak gimana? Kalau hasilnya sih tampaknya ga terlalu jauh berbeda ya. Kalau merajut itu bahasa inggrisnya knitting. Perbedaan dari knitting or merajut dan crocheting atau merenda adalah terletak pada alat yang digunakan. Kalau knitting menggunakan dua stick tumpul yang biasanya terbuat dari kayu or plastik. Sementara crocheting menggunakan satu alat dari besi yang dinamakan hakken. Hakken ini banyak banget ukurannya. Dari mulai1/2 sampai 11/12 kayaknya kalau Asia. Ternyata Amerika en Eropa sendiri punya konversi ukuran sendiri, pake huruf ukurannnya.. en biasanya gede2 baik hakken maupun benangnya.. Di beberapa tutorial Amerika pake ukuran H yang setara dengan 8 di Asia.. Terus, aku pake yang mana dong? Berhubung masih belajar, aku pake yang no 3/4. Cukup moderat untuk yang hasilnya belum stabil hehe.. Sebetulnya hakken ini sudah kubeli waktu belom lama menikah.. Ya sekitar 6 tahun lalu, beli bukunya juga.. Tapi ya itu salah beli, bukunya itu cara knitting bukan crocheting (maklum beli online bukunya ga bisa dilihat dulu dalamnya).. Terus jadi males deh..
Setelah tersimpan sekian lama, akhirnya baru tergerak lagi belajar setelah melihat salah seorang sahabat saya Mba Riska (allow mba, kusebut nih hehe..) Sering ngelihat mbanya rajin banget, di krl yang biasanya penuh itu masih sempat berkarya loh.. tetep ngerajut (nah lo koq ngerajut lg??) kan diatas udah dibilang ya itu merenda.. Tapi lom terbiasa sih, sebodo lah yang penting ngerti maksudnya hehe.. Suatu hari sebulan yang lalu, menyambangi sang suhu dikantornya pas jam istirahat.. Trus belajar kira2 1,5 jam-an.. Bikin bunga tapi ga selesai hehe.. Soalnya ga enak waktu istirahatnya kan udah slese.. Jadi buru2 cabcuz ke ruangan lagi.. Sisanya lihat2 tutorial crochet di internet. Lumayan tuh hasilnya, tapi baru bros mawar warna pink en benang sembur hijau itu yang sudah jadi kupasangin peniti brosnya.. Oia, peniti brosnya beli di toko alat jahit di pasar pal depok.. Lumayan lengkap ternyata disana.. Cuman untuk benangnya pake benang katun harganya 12rb satu gulung, lebih mahal daripada beli online yang cuma 8500/gulung.. Dengan ongkir pun masih untung koq sekilo 7rb ke depok dan dapet 9 benang.. Tuh selisihnya aja 24.500 masih untung kan? Beli onlinenya di benang rajutq en pecinta benang.com..
Yah sekian laporan tentang hobi baruku.. Mudah2an nanti bisa lebih expert lagi. Bisa bikin macem2 dengan merenda.. Hah, Sin nambah lagi hobinya?? temen seruangan bahkan dengan bercanda sempet bilang " wong edan" haha.. Karena banyak banget nyoba belajar ini itu.. Ya baking, cooking, sewing, crocheting, financial planning.. Yah gimana dunk, aku ga bisa milih.. Aku juga masih belum tau  mana bidang yang kurasa aku paling berbakat.. Semuanya menyenangkan. Sukur2 bisa menghasilkan juga.. Paling enak memang bisa mengerjakan sesuatu yang kita senangi dan menghasilkan uang juga.. Mudah2an salah satu atau bahkan semuanya (maruk mode on) kelak akan menjadi jalan menuju financial independence ketika memutuskan untuk resign hehe.. (mb laily apa kabarmu dirumah mba? Pasti menyenangkan) ..
Bukan hanya masalah uang, kebanyakan wanita takut mati bosen kalau di rumah saja.. Padahal banyak sekali yang bisa dikerjakan ya dirumah.. yang terutama jelas melayani keluarga dan mendidik anak-anak yang jadi tugas utama kita.. Aku pun tertarik melibatkan anakku belajar crafting.. Membuat aneka kerajinan kreatif, mengasah sisi kreatifitas dan sensitifitasnya akan seni dan keindahan.. Malahan kalau bisa mendidik anak mandiri sejak kecil dengan mengasah sisi bisnisnya.. Belajar dari keluarga Aa Gym dan banyak keluarga lainnya.. Orang tua mampu bukan berarti mengeksploitasi anak yah.. Tapi semata2 mendidik ternyata mencari uang itu tidak segampang yang mereka pikirkan.. So far Syafiq suka aku ajak baking didapur. Dari sekedar menimbang bahan atau mencetak cookies, dia suka sekali.. Lelaki juga perlu keterampilan di dapur koq hehe.. ga muluk2 jadi chef sih ya, minimal bantuin istrinya masak nanti hehe.. Halo?? he is just five years now! haha..

6 comments:

  1. wah mbak..salam kenal...
    sama banget cita-citanya....pengen resign dan sedang mencari-cari passion yang pas..:hihi..
    mendidik anak untuk lebih kreatif dan punya jiwa bisnis...

    ReplyDelete
  2. Salam kenal balik mba nisa.. Mudah2an bisa terwujud ya smua impian kita.. Amin..

    ReplyDelete
  3. hallo mbak sinta salam kenal, hobby kita sama nih crocheting, moga sukses ya :D

    ReplyDelete
  4. hallo juga mba wina.. iya tp kl aq masih amatir hehe.. barusan berkunjung lg ke blogmu.. nice blog en yg pasti udah lebih jago dari aq hehe.. sama2 sukses ya..

    ReplyDelete
  5. salam kenal mba...pengen deh belajar ngerajut,,,bisanya cmn rajut rantai aja :(

    ReplyDelete
  6. salam kenal jga.. waa, semua rajutan berawal dari rantai loh.. yuk belajar..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...