LinkWithin

Tuesday, October 16, 2012

My Recipe Books..

Tiba-tiba aja pengen ngereview buku masakan yang aku punya.. Meskipun sekarang sudah zamannya aneka resep bertebaran gratis di internet, aku masih membeli beberapa buku resep masakan.. Ga banyak sih, cuman lumayan isinya kan banyak juga.. Dan belum semua resep didalamnya aku praktikkan juga.. Ok deh ga pake lama yah ini baru 3 buku resep masakan yang sering banget jadi buku wajib didapur..

1. Renovasi Resep Mengubah Masakan Enak Jadi Sehat.. Penulis Hiang Marahimin


Indonesia adalah satu surga dunia di bidang kuliner. Dari Sabang sampai Merauke ada banyaaaak sekali jenis kuliner yang menjadi ciri khas daerah masing-masing.. Dari berbagai macam bahan masakan, Indonesia terkenal dengan masakan yang lezat, pedas, dan sangat bercita rasa rempah. Tapi ada satu benang merah diantara semuanya.. terutama wilayah Sumatera dan sekitarnya.. Yaitu tinggi lemak dan tentu saja tinggi kolesterol.. Nah, buku ini memberikan salah satu solusinya, supaya masakan Indonesia yang kebanyakan berlemak ini direnovasi dengan trik2 pengganti bahan dan cara pengolahannya.. Misalnya santan diganti dengan susu kedelai, terus menghilangkan ritual goreng menggoreng juga.. Termasuk juga dalam resep kue.. Pengurangan jumlah telur yang digunakan dan sebagainya.. Resepnya juga lengkap dari bahan daging, ikan, sayuran dan juga resep kue seperti lapis prune dan sebagainya.. Meskipun belum bisa mempraktikkannya seratus persen, tapi lumayan memberikan ide juga untuk setidaknya meminimalisir lemak dan kolesterol yang biasa kita makan setiap hari..

2. Aneka Resep Hidangan Spesial dan Lezat Ny. Lestari



Beli buku ini iseng pas naik bis ke kantor dulu.. harganya 5 ato 10rb gitu.. lupa persisnya.. Standar buku yang biasa ditawarkan dibis-bis.. Tapi jangan salah lumayan juga loh isinya.. Padet banget! Dari masakan sampai minuman, dan juga aneka dessert.. Lumayan sering buka buku ini kalau mau eksperimen di dapur.. Termasuk resep kue kering juga kadang melihat variasinya juga.. 

3.  Fantastic Cooking bersama Chef Rinrin Marinka


Beli buku ini karena ngefans sama Chef Rinrin.. Bener2 deh suka sama chef cantik ini sejak baru muncul di Cooking Paradise di Trans7.. Terus muncul di Master Chef RCTI juga.. Cara masaknya menurutku bener2 simpel, ga njlimet.. Tapi kelihatannya enak hehe.. Di buku ini juga resep-resepnya lumayan simpel. Sangat mudah dipraktikkan.. Selain itu dibuku ini banyak sekali akulturasi (halah bahasanya) antara resep western dengan masakan indonesia.. 
Sekian review buku kali ini, kurang lengkap sebetulnya tanpa penampakan masakannya yang sudah aku praktikkan ya.. Insya Allah menyusul ya aku fotoin pas praktik berikutnya.. Thank u for reading.. See ya in the next post..

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...