LinkWithin

Wednesday, June 19, 2013

Ayam Tulang (gagal) Lunak Kremes..


Wah, wah.. Ternyata sudah 9 hari blognya ditinggal hehe.. Belum berdebu untungnya.. Sehubungan dengan diklatnya sang empunya blog ini ternyata cukup lumayan menghambat dunia per-blog-an rupanya wkwk.. Ini hasil eksperimen didapur sepekan yang lalu.. Ceritanya mau bikin ayam tulang lunak kremes.. Sekaligus juga menjadi ajang uji coba alat masak yang belum lama dibeli yaitu sebuah pressure cooker alias panci presto.. Sengaja beli yang bukan stainless, tapi cukup berbahan aluminium saja.. Apalagi kalau bukan terkait kecermatan (baca:pelitnya) nyonya rumah hehe.. Yah lumayan kan, khawatir jarang dipakai nantinya kalau beli yang kemahalan#alesanmodeon.. Ini penampakan panci prestonya, nama produknya Allupressure Cooker dari Oxone.. Hayoo, Oxone mestinya bayar nih..


Sempat terjadi kekonyolan saat menggunakan presto ini. Padahal bolak balik baca manualnya, tapi ya tetep aja bahasanya kurang jelas.. Bismillah dicoba yah, meskipun rada dakdikduk dengar cerita presto2 yang meledak.. Sesuai resep yang didapat dari SINI dengan penyesuaian2 seperlunya sesuai ketersediaan bumbu dapur, mulailah ayam utuh yang sudah dikuliti dan dibersihkan isinya ini ditaburi baking powder, didiamkan setengah jam dikulkas, selanjutnya dilumuri dengan bumbu halus.. Dibiarkan lagi setengah jam lalu mulai diproses di panci prestonya.. Kapasitas panci presto ini lumayan besar 12 L kalau tidak salah. Nih lihat tampak dalamnya setelah dilapisi daun pisang terlebih dahulu.. Koq lebih cerita pancinya ya? Ini sebenernya pamer panci baru terselubung ayam tulang lunak kayaknya hehe..


Diresep dikatakan kira-kira butuh sekitar 1,5 jam sampai ayam beserta tulangnya lunak.. Setengah jam pertama berlalu, belum ada tanda-tanda mendesis atau uap keluar dari katupnya.. Malahan uap keluar dari sela2 tutup panci presto.. Satu jam berlalu masih belum juga ada perubahan.. Wah, pasti ada yang tidak beres nih.. Buru2 telp sales oxone yang jual tuh panci hehe.. Alhamdulillah langsung direspon dengan datang ke rumah hehe.. (ternyata tokonya lumayan deket saudara2..). Ternyata seharusnya si tuas bulet diatas bener2 di kencangkan sampai tidak bisa bergerak lagi sehingga benar2 terkunci.. Walhasil si katup tidak berfungsi sebagaimana mestinya..
Terus bagaimana nasib ayam lunaknya? Yaah, seperti judul diatas karena kesalahan pemakaian selama kurleb 1,5 jam di panci presto ayam beserta tulangnya tidak jadi lunak hehe.. Hancur sih dagingnya tapi ternyata rada alot hehe.. Cukup terhibur dengan kremesan ayamnya yang cukup mirip dengan kremesan di resto2 hehe.. Resep selengkapnya  sudah di link diatas ya.. Selamat mencoba..

1 comment:

  1. yaaahhh jadi kira2 berikutnya berhasil gak mba mresto ayamnya pake ini panci??

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...