LinkWithin

Saturday, July 20, 2013

Berkebun Part II


Lanjut lagi ke proyek berkebun dengan memanfaatkan halaman yang mungil itu.. Meskipun sempat patah hati karena proyek pertama mengalami kegagalan setelah dimorat-marit sang tikus hiks hiks.. Tapi semangat jalan terus dunk.. Pelajarannya adalah saya jadi bisa merasakan bagaimana petani yang memang hidupnya bergantung pada hasil taninya apabila tanamannya hancur akibat hama.. Belum lagi biaya yang mereka keluarkan juga tidak sedikit.. 


Diawali dengan membeli benih2 tanaman sayur dan bumbu secara eceran.. Kali ini harganya lebih murah dibandingkan benih yang sebelumnya saya beli di Ace Hardware.. Satu bungkusnya masing-masing hanya seribu rupiah saja.. Macam2 benih saya beli mulai dari cabe, tomat, bayam, kangkung, seledri, brokoli, paprika, bawang kucai dan masih banyak lagi. Soalnya harganya murah, jadi untuk efektifitas dan efisiensi ongkos kirim mesti dimaksimalkan belinya hehe.. Belinya online di SINI Selain benih saya juga beli polybag kecil-kecil untuk media semainya.. Plus polybag yang ukuran besar untuk pemindahan setelah tanaman tumbuh besar.


Selain benih saya juga membeli pupuk kompos di penjual tanaman. Karena sampai hari ini saya belum berhasil melakukan pengomposan sendiri.. Jangankan pengomposan, pemilahannya saja belum hehe.. Ni dia penampakan komposnya.. Harganya juga relatif murah.. Sekarung isi 20 kg ini hanya 25 rb rupiah saja..


Kompos diatas saya campur dengan tanah dengan perbandingan 1 kompos dan 2 tanah.. Diaduk rata diatas karung bekas beras..




Setelah itu campuran untuk media tanamnya saya isikan ke polybag2 kecil sampai dengan hampir 1/2 nya.. Kemudian benihnya dimasukkan ke atas media tanam dan terakhir ditutup lagi dengan campuran media tanam, sampai kira-kira 2/3 polybagnya..


Setelah itu kita tinggal menunggu tanamannya tumbuh.. Dengan tidak lupa disiram setiap pagi dan sore dengan semprotan saja.. khawatir malah busuk benihnya kalau terlalu banyak air.. Terakhir ya tawakal hehe.. Semoga bisa memanennya nanti.. Amiin..

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...