LinkWithin

Monday, January 20, 2014

Pengalaman Pertama Donor Darah

Memasuki tahun 2014 ini banyak sekali hal-hal baru yang ingin saya lakukan. Terutama hal-hal yang selama ini saya merasa takut untuk mencobanya.. Salah satunya donor darah ini hehe.. Pekan lalu di poliklinik kantor diadakan donor danar darah massal bekerja sama dengan PMI.. Pada awalnya saya sedikit ragu mengingat riwayat Hb saya yang memang sejak dulu seringkali dibawah normal.. Tapi entahlah kekuatan darimana membuat saya nekad mendaftar.. Saat mendaftar saya mendapat giliran nomor 375.. Wow.. Meskipun nanti memang tidak semuanya bisa mendonorkan darahnya, mengingat terlebih dahulu ada pemeriksaan hb dan tes kesehatan oleh dokter.. Begitu masuk untuk registrasi ulang masih nomor 100-an, sehingga saya memutuskan untuk kembali ke ruangan kerja dulu daripada menunggu di tempat..

Setelah kurang lebih satu jam saya balik lagi ke aula dimana acara donor diadakan. Tidak berapa lama, nomor antrian saya dipanggil.. Setelah menyerahkan formulir identitas kepada petugas PMI yang memasukkan data ke databasenya, saya pun melangkah menuju meja pemeriksaan Hb.. Agak dag dig dug.. karena sebelumnya juga saya belum sarapan hehe (ga ada hubungannya sih).. Diambil sampel darahnya untuk dilihat Hb-nya.. Eh, ternyata Hb saya bagus loh.. 15,5 melebihi batas minimal untuk donor darah yaitu 12,5.. Alhamdulillah, padahal dari dulu susah sekali Hb bisa diatas 10 mesti 9-10.. Disitu juga ketahuan golongan darah saya hehe.. Dari dulu belum tahu golongan darah nih, makanya dari awal mau tanya petugasnya juga.. Eh dikasih tahu duluan loh.. Golongan darahnya B ya mba, begitu petugasnya bilang.. Wah, ternyata saya, ayahnya Syafiq maupun Syafiq tidak ada yang sama golongan darahnya.. Saya B, suami A dan Syafiq O.. 

Selesai periksa Hb, lanjut ke pemeriksaan dokter umum.. Hanya tensi saja sih.. Alhamdulillah tekanan darah juga mengizinkan untuk donor dilanjutkan 110/70.. Lanjut ngantri bed untuk donor darah.. Sembari menunggu semua pendonor diberikan snack.. Alhamdulillah, bisa sarapan dulu hehe..

Sekitar setengah jam kemudian nama saya dipanggil, langsung menuju bed yang kosong untuk langsung dicus wkwk.. Tarik nafas panjang, lalu petugas PMI menyuntikkan jarum yang lumayan besar ukurannya untuk mulai proses donor darah.. Prosesnya tidak lama dan tidak sakit koq.. Selama proses kita diminta untuk sesekali mengepalkan tangan yang digunakan untuk transfusi.. Agak sedikit pegal saja.. Alhamdulillah juga tidak pusing setelahnya.. Sekitar 10 menit saja proses donor darah selesai.. Selanjutnya kita diberikan kartu donor dan juga souvenir.. Alhamdulillah, salah satu resolusi 2014 sudah dijalankan.. Next, yuk ah belajar menyetir mobil.. Minggu lalu sudah mulai belajar tapi masih takut-takut.. Apalagi suami ngajarinnya juga ga sabaran hehe.. Padahal mengajari wanita menyetir mobil ternyata butuh 1000 kali kesabaran loh dibandingkan mengajari pria menyetir..

3 comments:

  1. Wah hebat.. aku masih belum berani sampai sekarang.. Pas mau nyoba, lagi hamil.. hihihi

    ReplyDelete
  2. Kulit bakalan bolong gak ya secara ditusuk pakai jarum yg besar? Ngebayanginnya ngeri nih hiiii

    ReplyDelete
  3. Kulit bakalan bolong gak ya mbak? Secara kan ditusuk pakai jarum yg besar hahaha ngebayanginnya jadi ngeri hiii

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...