LinkWithin

Monday, January 6, 2014

Resep Empek-empek Mudah..

Sudah lama sekali penasaran pengen bikin empek-empek sendiri.. Soalnya saya seorang penggemar empek-empek.. Dari yang abal-abal ala abang-abang yang cuman 2 rb rupiah saja per potong sampai empek-empek asli Palembang sono yang cukup menguras kantong hehe.. Eh eh sekarang katanya lagi rebutan klaim ya antara Sumsel sama Jambi apa ya? Iya rebutan klaim asal empek-empek.. Yak maklumlah serumpun, setahu saya empek-empek ada dihampir semua provinsi bagian selatan sumatera.. Sampai Lampung juga loh..
Yah terlepas darimana daerah asalnya, makanan ini termasuk favorit banyak orang.. Cara membuatnya sebetulnya mudah, tapi.. yang membuat saya rada males mengolah olahan ikan adalah.. mesti memisahkan daging ikan dari tulang dan kulitnya.. Dan sayang sekali di hypermarket tempat saya membeli daging ikan tenggiri ini tidak menyediakan versi fillet tenggiri.. So, terpaksa mengolah sendiri hiks hiks.. Bau amisnya itu loh.. Lama banget hilangnya..
Browsing-browsing resep empek-empek yang bertebaran di internet.. Mencari resep versi termudah baik bahan maupun cara membuatnya.. Ketemu resep ini.. Dan resep cuko dari website yang lain lagi..

Resep Empek-empek tenggiri

500 gram daging ikan tenggiri
300 gram tepung sagu/tepung kanji
100 cc air putih (1/2 gelas) sebagai pengencer adonan
1 sendok teh garam
2 butir telur yang telah direbus, potong jadi 2 sama rata dengan posisi membujur
Penyedap rasa secukupnya
500 gram minyak goreng (untuk menggoreng)


Cara membuat:

  • Cuci bersih daging ikan, ambil dagingnya dan buang tulangnya kemudian dihaluskan dengan blender.
  • Siapkan baskom dan tempatkan daging ikan yang sudah di blender kedalamnya lalu tambahkan air, garam dan penyedap rasa secukupnya. Aduk-aduk hingga rata.
  • Tuangkan tepung kanji lalu di aduk-aduk sampai adonan menjadi kalis. Bentuk dengan bentuk bulat pipih seperti kue pastel lalu masukkan potongan telur didalamnya.
  • Panaskan air dalam panci lalu didihkan. Setelah air mendidih kemudian masukkan satu persatu adonan pempek yang sudah dibentuk kemudian rebus dengan waktu sekitar 30 menit. Angkat pempek yang sudah jadi lalu tiriskan airnya sampai benar-benar kering.
  • Setelah airnya tiris lalu goreng dengan menggunakan minyak panas hingga tampak berwarna kekuning-kuningan.
  • Angkat pempek, tiriskan minyaknya dan tempatkan dalam piring.
Cuko:
  • Air
  • Gula merah
  • asam jawa
  • bawang putih
  • cabe rawit
  • garam
  • Ebi dihaluskan
Cara membuatnya :
Rebus air dan gula merah.. Campur semua bahan yang dihaluskan, rebus sampai sedikit mengental..


Hasilnya? Kurang memenuhi ekspektasi saya sih.. Agak kurang kenyal.. Tapi so far tetep menikmati karena rasanya lumayan lah.. Kuah cukonya juga cukup memuaskan.. Pedas seperti selera saya hehe.. Setelah browsing-browsing ternyata ada resep empek-empek tanpa ikan yang lumayan populer milik Ny. Liem.. Kapan-kapan coba ah.. Ga pake repot ngolah ikannya dulu..

3 comments:

  1. nyam nyam.. bagi dunk yang udah jadinya.. wakakak

    ReplyDelete
  2. jadi pengen teh
    eh tapi males bikin..
    hahahaha

    ReplyDelete
  3. Waduh, ternyata mengundang dua bumil ngiler hehe..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...