LinkWithin

Monday, July 23, 2012

Blueberry/Chocolate Crumble Cupcakes

Ok, let's continue my previous post about Titan Baking.. Dan ini dia hasil belanjaan kemarin, hasilnya ini.. Taraa.. Blueberry Crumble Cupcakes kedua yang saya buat. Yang pertama memang saya buat khusus untuk sahabat saya yang belum lama melahirkan. Niatnya mau menjenguk eh malah kita yang dijenguk hehe.. Alhamdulillah juga sih karena ga perlu bermotor berpanas ria jauh2 ke Bintaro hehe.. Pas dibawa juga cupcakesnya masih fresh from the oven. Dikemas dengan kotak kue cupcakes lucu dari Titan Baking kemarin juga loh.. Eh tapi ga sempet saya cicipin kuenya, hehe.. Nekat ya.. Soalnya agak buru2 pas mau pulang ga sempet difoto deh cupcakesnya..
Alhamdulillah pas besoknya si neng sms, katanya cupcakes saya enak ga kalah sama bakery terkenal hehe.. Langsung hidung mengembang eh senyum deng terkembang.. Gubraks! Seneng banget.. 
Akhirnya pas libur pilkada kemarin bikin lagi jilid dua.. Berhubung si kecil lebih suka cokelat, saya buat juga versi cokelatnya.. Wuihh.. itu ya pas baru mateng langsung abis 2 buah saudara2.. Senengnya kalo hasil masak/baking disuka orang rumah.. Semua kerepotannya terbayarkan.. Lunas seketika! Ga bisa ngebayangin gimana kalo orang rumah ga suka makan hihi.. Nelangsa, capek2 ga da yang makan..
Resepnya dapet dari dapur ipoek yang saya modifikasi juga. Jadinya blueberrynya ada didalam dan diluar untuk topping. Selain itu arena resepnya cuman bisa menghasilkan 8 cupcakes ukuran standar yang gede sih, saya buat dua kalinya supaya bisa dapet lebih banyak..

Butter Cake : 
180 gr mentega tawar/margarin 
160 gr gula pasir halus
4 kuning telur
1 sdt vanilli
180 gr tepung terigu, ayak
4 putih telur, kocok kaku
Selai blueberry secukupnya untuk filling dan topping

Cara membuatnya:
  • Kocok mentega, gula, dan vanilli sampai lembut dan fluffy
  • Masukkan kuning telur satu persatu. Kocok hingga rata.
  • Masukkan tepung terigu ayak. Aduk rata menggunakan spatula.
  • Terakhir masukkan putih telur kocok, aduk rata.
  • Tuang ke dalam cetakan cupcakes setengahnya, isi blueberry filling/chocolate filling, tutup lagi sampai 3/4 cupcakes
  • Panggang dalam oven suhu 160'C selama 20 menit
  • Keluarkan, beri hiasan selai blueberry /chocolate topping diatasnya menggunakan kantung segitiga, lalu taburi crumble.
  • Panggang kembali hingga matang.
Crumble
15 gr margarin
25 gr tepung terigu
1 sdt gula pasir 

Aduk semua bahan crumble menggunakan jari atau garpu sampai jadi berbutir-butir. 
Selamat mencoba!!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...