LinkWithin

Monday, September 23, 2013

Roti Boy jadi2an..


Bentuknya ga banget ya hehe..

Sudah lama sekali berniat membuat roti boy ini.. Apalagi sejak tahu kalau Roti Boy ini ternyata belum punya sertifikat halal, hiks hiks.. Padahal roti boy ini salah satu favorit keluarga.. Pas arisan ke Penvil dua pekan lalu akhirnya berkesempatan ke Titan Baking di daerah Fatmawati.. Woaa, ternyata jauh lebih besar dan lebih lengkap dari Titan di Kelapa Gading.. Sayang karena keterbatasan waktu, saya tidak bisa berlama-lama disana.. Jadi benar2 fokus sama yang dicari hehe.. Tapi sayangnya essence coffenoir yang merupakan bahan utama untuk membuat roti harum semerbak seperti versi aslinya itu sedang kosong stocknya.. So, ngambil versi cappuchino-nya saja dengan merk essence yang sama..

Untuk adonan rotinya saya pakai versi roti lembutnya Bu Fatmah NCC. Resep roti boy ini sudah sangat banyak beredar di dunia maya.. salah satunya saya ambil dari Sini
 
Bahan Roti:
500 gram tepung terigu protein tinggi
100 gram gula
11 gram ragi instant
½ sdt bread improver
4 butir kuning telor
300 ml air es
½ sdt garam
100 gram mentega


Isi:
Butter beku potong kotak2

Topping:
50 gram gula halus
50 gram gula palem
100 gram mentega
80 gram telur
130 gram terigu protein rendah
5 gram kopi instant + 1 sdm air panas
5 gram essence kopi 


  • Kocok mentega, gula, telur hingga lembut, masukkan tepung terigu, aduk rata, tuang kopi dan essence kopi, aduk rata lalu masukkan ke dalam plastik segitiga.
  • Ukuran telur kalau bisa sesuai resep, jadi harus ditimbang sebab kalau telurnya terlalu besar bisa membuat adonan topping menjadi terlalu lembek dan cair.
Cara Membuat Roti Boy:
  • Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
  • Masukkan air es 200 ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
  • Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
  • Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali.
  • Setelah mengembang, kempiskan lalu ambil adonan seukuran yang diinginkan, sekitar 40-50 gram. Bulatkan, gepengkan, isi dengan butter beku
  • Setelah diisi, tutup, bulatkan lagi. Biarkan mengembang lagi sekitar 30-60 menit.
  • Setelah mengembang, semprotkan topping yang dimasukkan ke piping bag (plastik segitiga), semprotkan melingkar seperti obat nyamuk.
  • Oven 20 menit dengan suhu 180 C

Sebelum dipanggang..

Hasilnya boleh dibilang belum sepenuhnya berhasil ya.. Untuk rotinya sendiri sangat enak, lembut seperti kapas.. Tapi ada kegagalan di isiannya hehe.. Butternya tidak benar2 beku, jadilah meleleh ketika dipanggang.. Adonan roti menjadi basah dan isinya jadi ga terlalu mirip hehe.. Soal topping sudah mendekati, tetapi karena terlalu banyak adonan toppingnya jadi rada-rada meleber ke bawah roti.. Aroma kopinya juga kurang kuat.. Tapi so far, anak saya suka dong.. Biarpun ga persis mirip roti boy seperti yang diharapkan.. Rasanya tetep uenak.. Oia, yang dibawah itu sengaja dibentuk kura-kura sesuai permintaan konsumen (baca: anak saya) hehe..


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...