LinkWithin

Monday, March 10, 2014

Gepuk Ny. Ong


Ini dia olahan daging favorit saya.. rasanya gurih dan lezat, apalagi kalau dagingnya juga berkualitas bagus. Dimakan dengan nasi hangat saja, saya tak perlu tambahan lauk lainnya..  Sampai-sampai syafiq suka protes soalnya kalau saya mengolah daging, seringnya dibuat gepuk hehe.. Air rebusan dagingnya saya buat untuk tambahan sop sayur. Biasanya daging saya rebus dulu, lalu air kaldunya saya pakai untuk membuat sop sayuran.. Hmm.. Bener-bener deh, tidak perlu kaldu bubuk atau blok tambahan.. Cukup garam dan gula dengan bumbu halus bawang putih dan lada saja, sedepnya tuh sop sayuran hmm.. Seger!
Lalu dagingnya saya olah menjadi gepuk ini. Membuat gepuk ini sangat mudah koq..  berikut saya copy-kan resepnya ya.. Porsinya pas untuk keluarga kecil.. Untuk Syafiq saya menyajikan sudah dalam bentuk suwiran, soalnya dia paling malas makan daging sebetulnya.. Jadi harus disiasati disuwir terus campur di nasi..

Sumber : Milis Femina

Bahan :
250 gr daging sapi, direbus hingga agak lunak, lalu potong 5 cm x 5cm tebalnya 1 cm lalu dimemarkan (jangan sampai hancur)
100 cc santan kental

Bumbu :
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 lbr daun salam
3 cm laos dimemarkan
5 gr asam jawa
30 gr gula merah
2 sdm ketumbar
garam secukupnya

Cara membuat:
1. Semua bumbu dihaluskan, campur dengan santan dan air kaldu, lalu masak.
2. Tambahkan garam, salam, dan laos.
3. Masukan daging, sampe meresap dan airnya habis dan bumbunya menyerap ke dalam daging, lalu angkat dan tiriskan.
4. Goreng daging hingga kecoklatan.
5. Hidangkan, taburi bawang goreng.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...