LinkWithin

Monday, June 25, 2012

Tatiana Vidi Sewing Class

Sudah sejak lama saya tertarik untuk belajar menjahit. Sempat browsing-browsing mencari kursus jahit di sekitar rumah. Ketemulah satu nama kursus jahit Juliana di deket rumah Kelapa dua, Depok. Cuma kok ya setiap kali lewat ke sana, gordennya tutupan. seperti tidak ada kegiatan hiks.. Jadilah niat saya tidak pernah terlaksana. Ada sih di jalan margonda en jalan raya bogor yang lumayan dekat dari rumah. Tapi menimbang-nimbang waktu dihari libur yang terbatas, jadinya maju mundur niatan. 
Akhirnya satu waktu ketemu buku tatiana vidi (nanti lain waktu saya review yah bukunya). Ternyata blio juga membuka kelas jahit. Dan untuk satu kelas (bisa milih blouse, dress, rok atau baju anak) hanya belajar 4 jam saja. Biayanya IDR 300 rb sudah dengan bahannya. Masalahnya, lokasinya itu loh. Jauh banget di serpong,hiks.. rumah saya di Depok ya.. Kira-kira di bulan April, ada promo diskon Tatiana Vidi Sewing Class di situs deal keren. bak gayung bersambut dong yah.. Dengan promo deal keren kita cuma bayar setengah harga. Lumayan iritnya, jadi bisa ambil 2 kelas. Waktu vouchernya juga cukup lama sampai dengan bulan Juli.
Nah, pas syafiq kemarin piknik ke puncak dari sekolah kan sengaja ngambil cuti 3 hari. Jadinya satu hari saya niatkan untuk ngambil sewing classnya yang jauh banget di BSD Junction. Dari rumah berangkat jam 10-an pagi naik 129 ke arah lenteng agung. Pas di tanjung barat sengaja naik taksi terus masuk tol. Toh saya pikir tak terlalu jauh. Wah ternyata jauh lo.. Ongkos taksi ekspress saja sampai IDR 90rb termasuk tol yah.. Gubraks! dipikir2 itu bayar diskon jg sama aja jadinya wkwk.. Sempet diketawain supir taksinya juga, kursus koq jauh amat mbak.. Perasaan di Depok juga banyak hehe..
Sampai sana sekitar 30 menitan. Cukup bingung nyari lokasi tokonya. Eh ternyata BSD junction itu sepi banget ya.. toko2nya pada tutup.. ada jembatan penghubung ke ITC BSD-nya. Nah lokasi sewing class ituh di deket jembatan penghubung keduanya. Pertama ketemu agak bingung, kikuk.. ternyata tokonya kecil, meja buat gunting bahan jadi diluar tokonya.. untungnya di mall jadi adem ya.. Bu vidinya sibuk banget deh kayaknya. Cuman diajarin ngukur, pola juga bentar banget (curiga karena diskonan hehe).. Terus motong bahan, langsung sewing.. Hebat kan? dan itu pertama kalinya saya pegang mesin jahit loh! Jadi yah gitu deh.. Awal-awal kagok banget, masih mencong2. Ga lurus jahitannya.. bahan yang tersedia terbatas jadi yah asal aja ngambil kain polos warna pink. Hari itu ngambil kelas blouse dulu. Oia tapi saya ga dikasih modulnya (mudah2an ntar ketemuan yang kedua katanya dikasih, kalo engga berarti emang karena diskonan wkwk..).
Selebihnya asisten bu vidi yang ngajarin. Padahal waktu itu cuman berdua yang ngambil kelas. Yah ada plus minusnya sih ya belajar di Tatiana Vidi Sewing Class. Plusnya: langsung megang mesin jahit dan menjahit hehe (untuk pola-pola dasar sudah disediakan, tinggal memodifikasi ukuran). Padahal di tempat lain yang 3 atau 6 bulan mungkin baru belajar ngitung2 pola ya. Itu yang kadang membuat orang putus asa belajar jahit. Minusnya mungkin karena terlalu dimudahkan. Pola-pola sudah jadi akhirnya kita tidak belajar membuat pola, waktunya juga terlalu cepat jadi banyak yang missed.. Untuk patokan ukuran pun hanya melihat 3 jenis ukuran yaitu lingkar dada, pinggang dan pinggul. Padahal kan tubuh orang berbeda2, jadi menurut saya tetep harus belajar lagi.. Kalau saya sih milih belajar lewat buku, berhubung waktu luang yang sempit di rumah. Terus juga pliss yang mau belajar ke sini bawa minum ya.. Kemarin kurang lebih 4 jam ga minum hiks.. karena tidak disediakan yah.. Jadi sebisa mungkin sudah makan dan bawa minum daripada kelaperan dan kehausan.. Ini dia nih hasil karya perdana saya..
ada efek2 cahaya gitu yah? matahari dari jendela..



Ni dia tampak jahitan yang tidak lurus dibagian kerah


Alhamdulillah , kelas blouse hari itu terselesaikan. Pulang dari sana naik kereta. Dari ITC BSD naik angkot warna biru sekali, terus turun di stasiun Serpong. Disana sempet cari cemilan dan minuman, karena sudah kelaperan. Untungnya jadwal kereta ke tanah abang masih sekitar 15 menitan. dari Tanah Abang naik ekonomi ke depok, soalnya Commuter Line-nya masih 45 menitan lagi. Berhubung si kecil udah nunggu di rumah.. Di jalan ketemu temen baru, Teh Sani namanya.. Karena baru pertama kali naik KRL teh sani bareng terus sampai Manggarai. Teh Sani ini sebetulnya mau ke Gambir dari Serpong. Dari Tanah Abang kan harusnya tinggal naik bajaj aja, tapi katanya dia parno naik bajaj haha.. Apalagi saya yah yang udah pengalaman dijambret hiks. Lucunya kita akrab banget kayak orang udah kenal lama. Ketawa2 bareng, ngobrol2 ngalor ngidul.. can't wait to take the second class at 8th july.. Yang pasti sih ga akan naik taksi lagi berangkatnya hehe.. Tetep semangat sinta! itu kata bu vidi. Happy sewing..

3 comments:

  1. jadi menurut mbak worth kah kursus di sana?

    ReplyDelete
  2. IMHO ya.. kurang worth menurutku.. masih mending belajar yang memang komprehensif.. tapi ya itu butuh waktu dan biaya yg tidak sedikit untuk orang yang ga terlalu serius menekuninya..

    ReplyDelete
  3. Assalammualaikum Mb Sinta,, saat di jogja,, mampir ke tempat kursus kami yaa Kursus Menjahit

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...